14 Februari 2011

Celotehan tentang Seks & Gender: No Strings Attached

No Strings Attached Natalie Portman Ashton Kutcher

Gara-gara nonton film “No Strings Attached” beberapa hari yang lalu, saya jadi kepikiran mengenai dinamika seks dan gender dalam kehidupan manusia. Film komedi romantis ini bercerita tentang fenomena sosial kontemporer mengenai hubungan seksual dan romantis. Alur cerita film “No Strings Attached” dapat dikatakan mirip dengan alur film komedi romantis ala Holywood pada umumnya. Yang membuat film “No Strings Attached” ini berbeda dengan film lain adalah bagaimana film ini menggambarkan update terkini mengenai hubungan seksual dan gender pada manusia.

Membicarakan soal seks dan gender cenderung memancing perdebatan. Aturan agama, moral, dan hukum saat ini telah mengatur sedemikian rupa supaya urusan seks dari aspek biologis dan gender dari aspek sosialnya dapat dikelola secara baik. Dari sudut pandang kehidupan, seksualitas menjadi batu pijakan penting dalam sejarah perkembangan kehidupan. Seks ini pun berevolusi semakin kompleks pada spesies manusia dan menjadi sifat penting dalam kesuksesan perkembangan populasinya.

Saya jadi ingin mencoba berceloteh panjang mengenai seks dan gender dari macam-macam sudut pandang. Kalau bicara tentang hal-hal seputar seks dan gender, saya langsung terpikir macam-macam diskusi menarik seputar seks dan gender ini: evolusi, genetika, fisiologi, neurosains, psikologi, agama, moral, sosial, dan budaya. Pada tulisan ke depan, saya mencoba menuturkan hal-hal seputar seks dan gender dari macam-macam sudut pandang, dari hulu ke hilir..

(bersambung)

Tidak ada komentar: