21 Desember 2003

Bunga

Bisnis butuh semangat, antusiasme, dan Impian. Itulah yang harus dimiliki sama setiap orang yang mengakunya ingin memulai 'urusan'-nya sendiri.

Mind your own bussiness, itu kata bapak kayanya Robert Kiyosaki. Jadi daripada kita urusin bisnisnya orang lain alias kerja, mendingan kita juga mulai ngurusin bisnis kita sendiri. Well, emang banyak langkah menuju sana sih.. Dan ga ada salahnya emang kerja dulu. Tapi tetap saja kita sendirilah yang bertanggung jawab atas urusan kita sendiri. 19 dari 20 jalan rizki itu kan berasal dari perniagaan (Hadits). Lagipula ga ada ruginya (ada deh diawal-awal). Tapi itu kan belajarnya..

Jadi inget kata Naga Sugara (pokoke dia bisnismen deh!), dia suka heran kenapa orang sekolah mau2nya belajar sampe keluar negeri ngabisin ratusan juta orang itu rela-rela aja. Tapi giliran dia bisnis, wah.. baru rugi seratus ribu langsung insap.. Itu kan uang sekolahnya bisnis nyata. Iya ga?

Tapi dibalik itu semua, sebenarnya yang paling penting adalah kita menjadi orang yang ULET.. 100 orang jenius tapi malas tidak bakal bisa mengalahkan seorang yang tidak tinggi intelegensinya tapi rajin.

Seperti kata Rendra, mari kita turun jalan:

kita mesti berhenti membeli rumus - rumus asing
diktat - diktat hanya boleh memberi metode
tetapi kita sendiri mesti merumuskan keadaan
kita mesti keluar ke jalan raya
keluar ke desa - desa
mencatat sendiri semua gejala
dan menghayati persoalan yang nyata
inilah sajakku
pamplet masa darurat
apakah artinya kesenian
bila terpisah dari derita lingkungan
apakah artinya berpikir
bila terpisah dari masalah kehidupan


Semoga amal kita bisa dinikmati di dunia dan akhirat,
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar: